Kota – Kota Di Jepang

Tokyo

Tokyo merupakan pusat informasi, di sini selain terdapat 8 surat kabar umum (empat diantaranya berbahasa Inggris), juga ada 3 surat kabar khusus ekonomi dan industri, serta 7 surat kabar khusus olahraga. Rata – rata penjualan perhari adalah 6.676.000 eksemplar. Untuk penyiaran televisi, ada NHK Tokyo dan lima televisi swasta.

Budaya barat masuk ke Jepang pada awal zaman Meiji melalui Yokohama dan Tokyo yang merupakan pintu gerbang Jepang. Di Tokyo selain kesenian tradisional seperti Kabuki, Buyo (tarian tradisional Jepang), Rekugo (cerita lucu yang dibawakan oleh pelawak), juga banyak kesenian modern. Oleh karenanya di Tokyo banyak terdapat gedung-gedung teater, seperti tempat main Kabuki, dua teater nasional, dan juga banyak gedung konser, galeri, museum, dll.

Tempat-tempat wisata diantaranya, Kokyo (Istana Kaisar) berlokasi di tengah-tengah kota Tokyo dikelilingi oleh parit besar buatan dan benteng batu, membuat kita bisa membayangkan keadan di zaman Edo. Di arah sebelah timur Kokyo terletak Ginza, dimana berderet toko-toko terkenal, toserba dan restoran. Masing-masing etalasenya dipajang dengan produk-produk unggulan.

Dipersimpangan Ginza 4-chome, terdapat gedung Wako yang di depan etalasenya terkenal sebagai tempat janji untuk bertemu. Di arah utara Ginza terletak Nihonbashi, yang terkenal sebagai tempat grosir. Sementara yang dikenal sebagai kota pelajar adalah Kanda di mana terdapat 200 lebih toko buku bekas. Di sebelah Kanda adalah Akihabara di mana terdapat banyak toko-toko diskon barang-barang elektronik. Disana tidak sedikit karyawan yang bisa berbahasa Inggris. Di toko-toko kamera, computer serta barang-barang cenderamata ramai dipenuhi oleh orang-orang asing.

Di Ueno terdapat Taman Ueno, pada musim bunga sakura berkembang taman ini penuh dengan orang-orang yang ingin ber-Hanami (melihat bunga) sambil menikmati pemandangan bunga sakura. Bahkan di musim lain juga banyak dikunjungi orang karena terdapat galeri, museum dan kebun binatang.

Dari Tokyo Tower menuju ke daerah Azabu, Roppongi banyak terdapat Kedutaan Besar Asing, sementara di daerah Akasaka banyak terdapat night club dan tempat minum dan terkenal sebagai tempat hiburan yang lux. Tempat yang populer di kalangan anak-anak muda sebagai pusat trend mode adalah Harajuku. Harajuku dan Shibuya merupakan tempat lahirnya mode baru bagi kaum muda.

Di sekitar Odaiba yang terletak di teluk Tokyo yang sering diiklankan sebagai tempat yang trend dan gaya. Kokusai Tenjijo terkenal dengan kesan toko-toko luar negeri. Di Shinjuku terdapat gedung pusat pemerintahan Tokyo, juga merupakan stasiun yang penumpangya terbanyak. Di arah barat stasiun terdapat gedung-gedung tinggi, termasuk gedung Tocho yang bertingkat 48 (tingginya: 243 meter). Di arah timur stasiun terdapat Kabukicho, yaitu daerah restoran dan tempat minum. Di Ikebukuro juga ada Sunshine Building yang bertingkat 60, di mana kita bisa melihat keseluruhan Tokyo dari sana. Pada tingkat 59 terdapat akuarium yang terletak paling tinggi di dunia.

Di sekeliling Sunshine Building juga terkenal banyak restoran etnik. Informasi mengenai fashion masuk ke Tokyo dari berbagai tempat di dunia. Informasi ini kemudian disesuaikan oleh kaum muda menjadi aneka gaya, membuat dunia tahu bahwa mereka menikmatinya. Tetapi di balik semua ini terdapat dukungan pasar yang besar dengan budaya konsumtif dan dinamis yang cepat berlalu.

Osaka

Dahulu, di Jepang, orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, mempunyai 3 jenis sifat. [ Tokyo = Hakidaorei, Kyoto = Kidaore, Osaka = Kuidaore ]. Ini mempunyai arti bahwa [ Orang Tokyo menjadi miskin karena terlalu royal membeli sepatu, sedangkan orang Kyoto terlalu royal membeli pakaian dan orang Osaka terlalu royal membeli makanan ].

Politik, ekonomi, budaya dan lalulintas di Jepang barat berpusat pada Osaka. Di sebelah selatan pusat Osaka, mengalirlah sungai Doutondori, di mana sekelilingnya dikenal sebagai kota [kuidaore].

Pada awal zaman Edo, Sungai Doutonbori yang mempunyai fasilitas sebagai jalur lalulintas air, namanya berasal dari Nariyasu Douton, orang yang memulai pembangunan terusan di sungai tersebut dengan menggunakan biaya sendiri. Waktu itu, pemerintah mengumpulkan rumah-rumah sandiwara di dekat kanal di sekeliling istana, sebagai rancangan tatakota, sehingga tempat itu jadi berkembang sebagai tempat original sandiwara Jepang. Kemudian muncullah para penjual makanan yang berjejer untuk memenuhi kebutuhan para penonton sandiwara tersebut, sehingga Doutonbori juga dikenal sebagai area kuliner terbesar di seluruh Jepang.

Kesan yang pasti muncul ketika membicarakan tentang pemandangan kota Osaka yang ramai adalah ; papan-papan reklame di Doutonbori. Papan-papan iklan raksasa dibuat berbentuk ikan fugu, kepiting, udang sebagai iklan dari toko makanan dan minuman di sana. Di malam hari, sinar-sinar lampu neon yang memantul di permukaan air sungai Doutonbori merupakan pemandangan yang khas.

Doutonbori ini muncul sebagai simbol kota Osaka, akhir-akhir ini didirikan Food Theme Park yang terbesar di seluruh Jepang, di sana kita bukan hanya bisa menikmati makanan-makanan khas Osaka seperti Takoyaki, Okonomi Yaki, Kushikatsu dan lain-lain tetapi juga dapat menikmati kesenian tradisional seperti lawak dan sandiwara. Doutonbori adalah distrik daerah pedagang, merupakan tempat yang tepat untuk menunjukkan kekuatan semangat besar Osaka.

Kamakura

Kota Kamakura terletak di sebelah barat Semenanjung Miura di Provinsi Kanagawa. Akhir abad 12 sampai awal abad 14, Minatomo no Yoritomo menguasai daerah ini dengan kekuatan samurai untuk pertama kalinya. Eranya disebut sebagai zaman Kamakura yaitu salah satu era dalam sejarah Jepang. Pada zaman itu, Kamakura bukan hanya menjadi pusat politik saja, melainkan juga menjadi pusat diplomasi dan budaya Jepang.

Sampai sekarang hal ini bisa dilihat dari tempat-tempat peninggalannya yang populer di daerah ini. Misalnya, Kuil Tsurugaoka Hachimangu, ini merupakan makam dari Yoritomo, indah dengan kontrasnya warna pepohonan yang hijau dan warna oranye cerah bangunan-bangunan di situ. Vihara Engakuji yang didirikan untuk guru aliran Zen yang diundang dari China, dengan pohon-pohon cemara Sugi yang berdiri tegak gagah mengesankan.

Lalu ada lagi Patung Budha Kamakura Daibutsu yang dijadikan pusaka negara. Vihara Hasedera yang terkenal dengan bunga-bunga Ajisai, yang bisa dilihat dari bukit Miharashidai sampai Semenanjung Miura. Selain ini, sampai saat ini pun di daerah ini masih terdapat beberapa kuil dan vihara, serta tempat-tempat terkenal yang menunjukkan kemakmuran dalam sejarah dan budaya Jepang yang cemerlang sampai saat ini.

Selain itu, di Teluk Sagami tempat lokasi kota Kamakura, terdapat tempat permandian laut yang bersejarah dan sudah dibuka 100 tahun lebih. Di pantai Yuigahama yang berlokasi bagaikan garis lurus di sepanjang pantai Tsurugaoka Hachimangu dan Wakamiya Ooji, pada musim panas payung-payung berjejer di pantai berpasir, dan disebut sebagai tempat pemandian laut nomor satu. Ada lagi pantai Zaimokuza, di mana pada zaman Kamakura, menjadi tempat bongkar muat kayu, sekarang tempat itu ramai dengan olahraga laut seperti selancar angin, dan sebagainya.

Miyagi

Provinsi Miyagi termasuk daerah hangat walaupun di musim dingin daerah pedalaman Tohoku ini dingin.Temperaturnya pada bulan April adalah sekitar 10 derajat. Populasinya sekitar 2.364.642 orang. Lokasi ibukotanya adalah Kota Sendai yaitu sekitar 1,5 jam dengan kereta Tohoku Shinkansen dari Tokyo. Di kota Kesennuma yang menghadap Lautan Pasifik, disini banyak pabrik pengolahan ikan segar. Kota Kesennuma dan Shiogama merupakan tempat kembalinya kapal-kapal penangkap ikan tuna. Di laut lepas Provinsi Miyagi yang menghadap ke lautan Pasifik merupakan tempat bertemunya arus selatan Kuroshio dan arus laut dingin dari utara Arashio, sehingga merupakan tempat yang berlimpah ikan.

Matsushima merupakan salah satu tempat di Jepang yang terkenal dengan keindahan 4 musimnya. Selain tiram oister yang disebut sebagai susu samudra yang diternakkan di teluk Matsushima, juga terkenal sebagai oleh-oleh istimewa. Miyagi terkenal juga sebagai penghasil beras utama di Jepang, yaitu Sasanishiki yang ternama dan popular. Di musim dingin Zaou terkenal pula sebagai tempat bermain Ski. Sebagai oleh-oleh istimewanya, selain hasil laut, hasil gunung juga terkenal boneka Kokeshi dari kota Naruko.

Akita

Daerah Tohoku terkenal sebagai penghasil beras dan apel. Apabila ke arah barat dengan Shinkansen dan kota Tokyo sebagai titik pusatnya, panorama yang terlihat adalah rumah-rumah dan pabrik-pabrik yang terus sambung menyambung dan kadang terlihat sawah dan ladang. Sebaliknya bila naik Tohoku Shinkansen atau Jyoetsu Shinkansen yang menuju ke arah utara, pemandangan yang terlihat adalah sawah ladang yang terus sambung menyambung yang memperlihatkan pemandangan dunia pertanian Jepang. Di tiap Provinsi daerah Tohoku memang berusaha menawarkan investasi membuat pabrik, misalnya untuk industri besi, industri kayu, industri pengolahan makanan dan industri garmen yang sudah berurat akar, tapi industri utamanya tetap hasil pertanian.

Provinsi Akita terkenal sebagai penghasil beras. Akita menduduki peringkat ke 4 di seluruh negeri Jepang. Danau Tazawa yang terletak di Akita adalah danau yang terbentuk sekitar 200 tahun yang lalu. Bagian danau yang terdalam adalah 423 meter, merupakan danau no 1 di Jepang. Pada bulan Februari di kota Yokote diselenggarakan festival Kamakura dan Bonden.

Kamakura adalah sebuah bongkahan salju yang dikeruk membentuk ruangan bulat seperti Iglo. Di pojok ruangan itu ada tempat Dewa Air, dimana dipersembahkan Sake, Omochi dan lain-lain. Begitu malam tiba tampak samara-samar sinar dari ruangan Kamakura. Didalam kamar salju itu karena dindingnya berwarna putih, pantulan sinarnya membuatnya terang benderang. Dari dalam Kamakura anak-anak biasanya memanggill tamu yang berjalan di luar, “Haittanse !” ( Masuklah ke dalam Kamakura ). “Ogandetanse” ( Mari bersembahyang kepada Dewa Air ). Selama festival ini, Kamakura yang dibuat berjumlah 100 lebih.

Bonden adalah perayaan penghormatan kepada Dewa di mana boneka Samurai atau hiasan binatang di dalam Shio (Zodiak) dipanggil oleh para pemuda. Warnanya yang yang cerah indah tampak menyolok dalam putihnya salju menjadikan festival ini terlihat mewah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s