Nama-Nama Orang Jepang

Jepang adalah negara yang penuh tradisi dan sejarah panjang dalam peradaban masyarakatnya. Salah satu keistimewaannya yaitu orang Jepang sangat teguh dalam menjaga nilai-nilai budaya masyarakatnya. Hal inilah yang membedakan Jepang dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia

Nama-nama Jepang (jinmei) untuk anak perempuan memiliki makna dan ucapan yang sangat unik. Biasanya di tulis dalam huruf kanji.Pada umumnya nama-nama untuk anak permpuan berakhiran “ko” artinya anak seperti Naoko, Nobuko,Kyoko dan lain-lain.

Arti nama yang berahiran “ko” biasanya digunakan oleh orang Jepang pribumi bukan non pribumi.

Contoh nama anak perempuan :

* Fumiko
* Kaneko
* Miyuki
* Kamida
* Sakura

Nama-nama Jepang untuk anak laki-laki akhir-akhir ini sangat popular diberikan oleh orang tuanya, biasanya berdasarkan urutan kelahiran seperti nama Ichiro (anak pertama), atau berdasarkan hubungan darah seperti Daiki (bangsawan besar). Nama yang digunakan untuk anak-laki-laki umumnya berakhiran “ro”,”o” .

Contoh nama anak laki-laki :

* Katou
* Miyaji
* Kawaguchi
* Sugiyama
* Chikanori

Pada masa sebelum Restorasi Meiji nama-nama Jepang umumnya tidak menggunakan nama keluarga di akhir namanya tetapi memakai nama tempat kelahirannya contohnya “Ichirou Asahimura” artinya Ichirou dari Asahimura. Asahimura adalah nama suatu daerah di Jepang.

Namun setelah Restorasi Meiji, nama-nama Jepang cenderung menggunakan nama keluarga (myouji) untuk nama terakhirnya. Mereka selalu menulis namanya dalam huruf kanji dengan menggabungkan satu sampai tiga karakter kanji.

Nama-nama keluarga yang populer di Jepang :
Ranking Nama
1 Satou
2 Suzuki
3 Takahashi
4 Tanaka
5 Watanabe
6 Itou
7 Yamamoto
8 Nakamura
9 Ohayashi
9 Kobayashi
10 Katou
11 Kichida
11 Yoshida
12 Yamada
13 Sasaki
14 Yamaguchi
15 Matsumoto
16 Ine
16 Inoue
17 Saitou
18 Kimura
19 Hayashi
19 Rin
20 Kiyomizu
20 Shimizu
21 Yamasaki
22 Ikeda
23 Abe
24 Mori
25 Hashimoto
26 Yamashita
27 Ishikawa
28 Nakashima
29 Maeda
30 Fujita

About these ads

15 thoughts on “Nama-Nama Orang Jepang

  1. woi nama nya kren abiezzzz

  2. keren dan bagus nama2 orank jepank tuch…
    hehehehehehe

  3. enak banget kalo aku jadi orang jepang

  4. Hmm…,Aku jg fans sama Goki Maeda dan Yamada Ryosuke.Nama marganya juga tercantum di atas.

  5. aku emang suka nama jepang ..
    tapi aku keturunan Indonesia

  6. I love japan \vic \smile

  7. saya suka dengan jepang, banyak crta2 yg menarik dijepang serta namanya..
    ( ^ _ ^ )

  8. Gan kok kayaknya banyak yang marganya tuh

    Member akb48 ya..??

    Minami Takahashi (takamina)
    Watanabe mayu (mayuyu)
    Atsuko maeda (acchan)

  9. ihh.. iya ya bagus bagus nama nya…

    tapi kok itu kayak nama-namanya member AKB48 sih…

  10. klo doni matsena ap nma jpangnya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s